Kamis, 23 Juli 2009

Sejarah musik Jazz' dan anggapan orang mengenai musik dan aliran Jazz

Jazz adalah sebuah seni ekspresi dalam bentuk musik. balakangan ini banyak orang yang berangapan bahwa musik Jazz merupakan musiknya kaum atau kalangan elite, namun hal itu merupakan kesalahan besar, karena apabila melihat sejarah terbentuknya musik atau aliran ini Jazz adalah musik fundamental dalam hidup manusia dan memiliki nilai-nilai tradisional.
Tradisi Jazz awalnya dari pengaruh dari tribal drums dan musik gospel,blues serta field hollers(teriakan para pekerja tani/Ladang).
Proses kelahirannyapun telah menggambarkan dan memperlihatkan bahwa musik Jazz sangat berhubungan dengan situasi pertahanan hidup dan suatu aksi ekspresi kehidupan manusia di kalangan bawah.
Legenda Jazz di mulai di New Orleans dan berkembang ke daerah bagian sungai mississippi,memphis,St.Louis dan akhirnya sampai ke chicago.
jika ingin menanggapi anggapan orang belakangan ini mungkin kita hanya dapat mengatakan bahwa musik Jazz di jadikan aliran ataupun mudik kalangan atas/orang elite hanya karena pada dasarnya orang-orang kalangan atas sangat senang dengan musik yang beraliran slow dan memiliki harmoni yang dapat menghilangkan rasa lelah mereka/pengisi waktu istirahat mereka.
Musik Jazz sebagai seni yang populer mulai menyebar ke hampir semua masyarakat Amerika pada tahun 1920-an dan pada saat itu di kenal sengan nama Jazz age.kemudian Jazz mencapai puncak pada akhir tahun 1930 dan 1950.
Pengaruh dan perkembangan musik Blues tidak dapat ditinggalkan saat membahas musik Jazz di tahun-tahun awal perkembangannya. Blues merupakan standar bagi musisi Jazz,apalagi jika ingin berimprovisasi dan nge-jam sesion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me . . .

Foto saya
Makassar, SUL-SEL, Indonesia
saya membuat Blog ini sebagai tempat saya meluapkan semua hasrat dan kreativitas ( yang Positif ) . . :-)